Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Hikmah Dari Pernikahan



Pernikahan memiliki banyak hikmah dan faedah, baik dalam hal keagamaan, keduniaan kemasyarakatan maupun kesehatan.
Nah Faedah pernikahan tersebut antara lain :



1.     Menikah berarti menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya. Sebagai hamba yang bertakwa, tentu kita akan bahagia jika isa menati perintah Allah dan Rasul-Nya.
2.     Menikah  berarti mengikuti sunnah Rasulullah  S.A.W. Allah ta’ala menjadikan beliau sebagai teladan bagi manusia . orang-orang yang menyelisihi beliau akan mendapatkan kerendahan dan kehinaan.
3.    Perikahan adalah sarana yang halal dan mulia untuk menyalurkan syahwat agar jiwa menjadi tenang dan hati bahagia. Orang yang menolak gejola syahwat biasanya akan resah dan gelisah.
4.     Akan diperoleh banyak keturunan sehingga umat islam akan banyak dan berkualitas. Akan muncul juga kebanggaan  nabi dengan banyaknya umat beliau di hadapan seluruh nabi dan umat pada hari kiamat. 
5.     Pernikahan akan menjaga seseorang agartidak terjatuh dalam perbuatan mesum. Dengan demikian ,dia akan selamat dari berbagai penyakit yang timbul akibat seks bebas. Lebih dari itu, ia akan selamat pula dari azab di dunia maupun di akherat kelak.
6.    Terdapat pahala dalam memenuhi hak pasangan , misalnya dalam memberi makan istri , mendidik anak, menaati suami, dan  lain-lain.
7.     Pernikahan mewujudkan keteraturan hubungan antara laki-laki dan peempuan.
8.     Pernikahan adalah sarana mendapatkan kecukupan dan keluar dari kemiskinan . hal ini sebagaimana termaktub dalam firman Allah pada surat an-Nur: 32 yang artinya :
“ jika mereka miskin , Allah akan memberi merekan kecukupan dengan karunia-Nya.”
jadi... banyak untungnya kan menikah ???